3.8.21

Materi Kelas IX - P2

Materi Bimbingan TIK Pertemuan ke 2

Baca secara lengkap kemudian isi daftar hadir dan jawab pendalaman materimya 

APLIKASI SPREADSHEET
PENDAHULUAN

Spreadsheet adalah kelompok program aplikasi yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka, yang pada umumnya memiliki kemampuan dalam bentuk pembuatan tabel data, pengolahan data yang menggunakan rumus, grafik, database dan lain-lain. Program aplikasi yang termasuk dalam kelompok aplikasi spreadsheet diantaranya adalah :

1. MS Excel (Microsoft Office) 
Adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft, perusahaan perangkat lunak terbesar didunia. Microsoft Excel hanya dapat di gunakan dengan system operasi Windows. Microsoft Excel dilengkapi dengan kemampuan dan fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi pengola angka yang lain. Excel dapat digunakan secara online, misalnya menu help yang dapat diakses melalui internet.

2.  Lotus 1-2-3 (Lotus SmartSuite)
Merupakan aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh IBM. Aplikasi yang termasuk dalam Lotus SmartSuite adalah Lotus Word Pro, Lotus 1-2-3, Lotus Freelance Graphics, Lotus Approach, Lotus Organizer, Lotus FastSite dan Lotus SmartCenter.
Aplikasi ini hanya dapat di oprasikan di system operasi Windows. Lotus juga dapat mempertukarkan dokumen dengan aplikasi lain seperti Excel

3.  OpenOffice Calc. (OpenOffice)
Adalah aplikasi pengolah angka yang besifat open source dan multi platform. OpenOffice Calc cenderung lebih mudah digunakan karena tombolnya yang didesain sedemikian rupa sehingga mudah dijalankan. Kita dapat men-download aplikasi ini dari  www.openoffice.org.

4.  StarOfficeCalc (StarOffice)
Merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat multiplatfom. Kelebihan dari StarOffice Calc adalah kemampuanya untuk mengklarifikasi data yang ditempakan di lembaran kerja dan membantu pengguna untuk membuat grafik dari data tersebut. Selain itu adalah kemampuannya mengkonversi data dengan aplikasi pengolah angka lain.

5.  KSpread (KOffice)
Merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform. Jika kita menginginkan aplikasi ini, maka aplikasi ini dapat didownload di www.koffice.org. Berikut ini adalah tampilan dari Kspread.

6.  Gnumeric (Gnome Office)
Adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office. Gnumeric bersifat open source dan multiplatform. Gnumeric memiliki tampilan GUI yang user friendly di mana jendela Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.

7.  WingZ
Adalah program aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform. Kelebihan dari wingz adalah sifatnya yang freeware meski dibatasi hanya untuk penggunaan non komersial dan tidak untuk dijual kembali.

8.  XESS
Adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh AIS (Applied Information System - www.ais.com). XESS bersifat multiplatform. XESS dibuat dalam versi yaitu “enterprise” untuk penggunaan di tingkat perusahaan, dan “lite” untuk pengguna perorangan. Kelemahan yang dimiliki oleh XESS adalah harganya yang sangat mahal.

9.  Xxl
Adalah aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Universitas Nice dan dapat dijalankan dikomputer dengan system Unix. Xxl mempunyai tampilan GUI yang sederhana dan mudah digunakan. Kelebihan dari Xxl adalah aplikasi ini dilengkapi dengan fungsi-fungsi kompleks yang tidak ada di aplikasi pengolah angka lain pada umumnya, karena fungsi-fungsi tersebut memang jarang digunakan oleh pengguna pada umumnya.

10. Abacus
Adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Awalnya Abacus dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira. Abacus memiliki tampilan yang sangat mudah untuk digunakan layaknya aplikasi pengolah angka yang lain

MENGENAL MICROSOFT EXCEL
Microsoft Excel merupakan program dari Microsoft Office yang dikhususkan untuk pengolahan lembar kerja (worksheet) atau biasa dikenal dengan istilah spreadsheet program. Excel biasa identik dengan pengolahan angka, dengan menggunakan Excel kita dapat membuat proposal biaya, rencana bisnis, form aplikasi, buku kerja akuntansi, dan masih banyak jenis dokumen lain yang memerlukan perhitungan angka. Selain itu lembar kerja Excel juga dapat menampilkan data dalam bentuk grafik dan gambar. Pengolahan database sederhana juga dimungkinkan dalam aplikasi Microsoft Excel. 

Microsoft Excel merupakan program aplikasi pengolah angka buatan dari Microsoft Corporation. Microsoft Excel dari waktu ke waktu dikembangkan terus dan sampai saat ini (2015) telah dirilis dan populer dalam bentuk Microsoft Excel 2013, namun dalam pembahasan materi tambahan ini menggunkan Microsoft Excel 2007. Microsoft Excel 2007 merupakan perkembangan dari program versi sebelumnya.

Microsoft Excel 2007 sudah menggunakan ribbon sebagai standar baru dalam menampilkan menu-menu tool, Ribbon adalah area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif. Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks, terdiri dari tab File, Insert, Page Layout dan lain-lain. Sedangkan Group adalah kelompok menu dalam tiap ribbon yang memiliki kesamaan fungsi.

Bagaimana cara mengoperasikannya ... nanti kita bahas pada pertemuan minggu depan




Tinggalkan Pesan Disini