11.8.13

MEMBANGUN BLOG

(oleh denwq)
Membangun blog ibaratnya sama dengan membangun rumah, untuk dapat membangun rumah yang bagus dibutuhkan banyak faktor, begitu pula pada saat membangun blog, faktor-faktor tersebut diantaranya adalah kemauan, pengetahuan, kesempatan dan biaya. Pada saat membangun rumah kemauannya pasti akan sangat tinggi sehingga sangat menggebu dalam membangun rumah tersebut, namun untuk membuat rumah yang bagus tidak cukup hanya dengan kamauan yang tinggi saja melainkan harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara membuat rumah yang bagus itu, sekalipun ia bukan seorang tekno sipil atau arsitek, tetapi dengan banyak referensi dari perbagai sumber yang ia akan dapat memperoleh hasil yang bagus.

Ketika membangun rumah dengan konsep asal jadi, asal terbangun maka hasilnya kurang memuaskan oleh karena itu dibutuhkan adanya suatu renovasi untuk memperindah, mempercantik bagunan yang telah didirikan tersebut. Untuk merenovasi ini dibutuhkan adanya kesempatan yang banyak, kerena tanpa waktu luang yang banyak hasinya tidak akan maksimal, terakhir adalah faktor biaya yang mana untuk memperoleh sebuah bangunan yang bagus, indah tak lepas adanya bahan dan tenaga kerja yang harus dibayar dan diongkosin, oleh karena itu faktor biaya ini terut serta menyokong terbangunnya sebuah rumah atau bangunan itu menjadi bagus atau indah.

Bagamaina dengan membuat blog?
Seperti apa yang saya sampaikan diatas bahwa membangun blog ibaratnya sama dengan membangun rumah, dengan ungkapan seperti yang tersebut diatas, begitu pula dalam membangun blog, faktor kemauan untuk membuat blog tentu akan sangat tinggi, dan dengan pengetahuan dasar yang dimiliki cukup untuk membangun sebuah blog dan cukup membuat lega sang pembangun karena blog yang dibangun sudah jadi. Namun setelah itu tak jarang orang yang mengabaikan bangunan blog tersebut atau tidak lagi dirawat dengan alasan tidak cukup waktu untuk mengisi, mempercantik tampilan blog, dengan kata lain blog tersebut cenderung ditinggalkan begitu saja tak terurus. Dengan demikian faktor kesempatan turut pula menyokong bentuk blog yang dibangunnya, sementara faktor biaya juga menjadi sebuah perhitungan tersediri, karena untuk membuat, mengisi, mengupdate, mengedit atau mempercantik blog membutuhkan koneksi online berjam-jam yang unjung-ujungnya adalah biaya.

Kalau kita perhatikan bahwa membangun rumah adalah sebuah kebutuhan, maka didunia maya yang dalam hal ini adalah Blog juga menjadi sebuah kebutuhan, dengan neka ragam fungsinya. sebagai komunitas penting adanya untuk memperoleh dan berbagi pengetahuan, sementara itu bagi pendidik dan pelajar, blog yang ada di Internet dapat dijadikann sebagai referensi pengetahuan, juga sebagai sarana pembelajaran online. Untuk lembaga pendidikan, blog dapat dimanfaatkan sebagai sarana informasi, sebagai buletin online dan sarana promosi lembaga tersebut.

Langkah-langkah membuat Blog
1. Membuat Email Dalam hal ini email yang akan dibuat adalah dengan menggunakan G-mail yaitu suatu produk layanan dari Google yang sifatnya gratis, dengan menggunakan G-mail ini nantinya kita akan mendapatkan banyak layanan dengan mudah seperti YouTube yaitu layanan Google dibidang Audio Visual (video), Album Picasa yaitu layanan dibidang penyimpanan Foto atau gambar, Drive yaitu layanan Google dibidang penyimpanan dokumen File berupa Word, Excel, PowerPoint, PDF. Blog atau Blogger yaitu layanan Google yang digunakan untuk membuat webblog atau web pribadi yang sifatnya gratis dengan domain dot blogspot dot com. Untuk membuat E-mail dari G-mail silahkan klik disini

2. Membuat Blog Cara membuat blog dari Blogger dengan domain dot blogspot dot com silahkan klik disini.

3. Mengedit Blog Apabila Blog sudah berhasil dibuat, sangat dimungkinkan perlu adanya perubahan, perbaikan yang dalam hal ini disebut edit blog, langkah-langkahnya silahkan klik disini.

Perawatan Blog Kalau diawal saya sampaikan bahwa membangun Blog tak ubahnya dengan membangun rumah, maka apabila sudah jadi dibutuhkan adanya perwatan, pengisian perabot (gadget) yang harus dilakukan baik secara rutin maupun berkala, kalau tidak maka rumah atau blog itu menjadi kosong, atau biasa disebut dengan rumah kosong atau blog kosong, yang tak berpenghuni atau ditinggalkan begitu saja, sayang khan!.

terakhir semoga bermanfaat.

Koment

Tinggalkan Pesan Disini

Untuk sementara off dulu